Dalam darah Teater 2-puluh bertemu dua arus utama aliran; filsafat & theology, seperti apa yang diancangkan para founding fathers. Teater 2-puluh, secara substansial mengambil ide dasar sifat wajib Allah dengan asumsi bahwa kita semua bukan apa-apa.

Gajahmada.Eps: I

Senin, 29 April 2013

Karya : Langit Kresna Hariadi

Perjalanan sejarah berlangsung sangat panjang dan tak diketahui di mana ujungnya. Ada dua wangsa yang tercatat dan keberadaan mereka ditandai dengan megah dalam wujud candi Borobudur di arah barat Gunung Merapi dan candi Jonggrang di Prambanan di arah selatan gunung itu pula. Garis keturunan Syailendra dan garis keturunan Sanjaya silih berganti menyelenggarakan pemerintahan. Agama Hindu dan Buddha marak mewarnai kehidupan segenap rakyatnya. Hukum ditegakkan, negara dalam keadaan gemah ripah loh jinawi.Dari prasasti Balitung ditulis bahwa Medang Ri Pohpitu atau Medang di Pohpitu, Raja Mataram yang pertama adalah Sanjaya, disusul oleh Panangkaran, Panunggalan, Warak, Garung, Pikatan, Kayuwangi, Watu Humalang, dan Balitung. Pada prasasti Canggal tertulis bahwa pada tahun Saka yang telah lalu dengan ditandai angka Caka Cruti Indria Rasa, pada hari Senin, hari baik, tanggal tiga belas bagian terang bulan Kartika, sang Raja Sanjaya mendirikan lingga yang ditandai dengan tandatanda di bukit yang bernama Stirangga untuk keselamatan rakyat.
Perjalanan waktu mengubah segalanya. Pemerintahan di tanah Jawa Dwipa bergeser ke arah timur, ada Isyana yang meninggalkan jejak amat jelas bersamaan dengan Warmadewa di Bali dan Sriwijaya di Sumatra. Sejak berkuasanya Sindok, Jawa bagian timur menggantikan Jawa wilayah tengah di atas panggung sejarah. Empu Sindok dan keturunannya banyak meninggalkan prasasti, berturut-turut sampai pada garisketurunanberikutnya,SriDharmawangsaTeguh Anantawikramatunggadewa, yang memerintah dengan aman dan damai negara Medang Kamulan.
Manakala Sri Dharmawangsa pralaya, Airlangga berhasil meloloskan diri serta membangun kembali reruntuhan pemerintahan. Tahun 1019, atau dalam sengkalan Gatra Candra Maletik Ing Sasadara, oleh para pendeta Buddha, Siwa, dan Hindu, Airlangga dinobatkan menjadi raja menggantikan Dharmawangsa. Pemerintahan Airlangga benar-benar memberikan air kehidupan bagi segenap rakyatnya. Namun, sebuah kekeliruan telah dilakukan oleh Airlangga yang mengesampingkan persatuan dan kesatuan dengan membelah kerajaan menjadi dua. Sri Sanggramawijaya, sang pewaris takhta yang ternyata tidak bersedia dinobatkan menjadi raja, mendorong Airlangga untuk bertindak adil atas dua anaknya yang lain. Kahuripan dibelah menjadi Jenggala yangberibu kota di Kahuripan dan Panjalu yang beribu kota di Daha.
Sebagaimana terlihat dari jejak-
jejaknya, Jenggala tidak mampu berkembang menjadi negara yang besar. Jenggala lenyap dari percaturan sejarah, sebaliknya Panjalu atau Kediri masih meninggalkan jejak kemegahannya.
Berturut-turut Sri Jayawarsa Digdaya Castraprabu, dilanjutkan oleh Sri Kameswara yang bergelar Sri Maharaja Rake Sirikan Sri Kameswara Sakalabhuawanatustikirana Sarwaniwaryawirya Parakramadigdayotunggadewa, menggunakan lencana kerajaan berupa Candrakapala berwujud tengkorak dengan taring.
Selanjutnya, pemerintahan Prabu Jayabhaya yang bergelar Sri Maharaja Sri Dharmmecwara Madhusudanawataranindhita Suhrtsingha Parakramma Digjayotunggadewa, menggunakan lencana kerajaan berupa Narasingha. Jayabhaya digantikan Sarwecwara, selanjutnya digantikan Sri Aryyeccwara yang menggunakan Ganeca sebagai lambang kekuasaan. Ketika Aryyeccwara surut digantikan Sri Gandra yang bergelar Sri Maharaja Sri Kroncarryadipa Handhabuwanapalaka Parakramanindita Digjayotunggadewanama Sri Gandra.
Pemerintahan Sri Gandra berakhir, dilanjutkan oleh Raja Crngga yang bergelar Sri Maharaja Sri Sarwwecwara Triwikramawataranindita Crnggalancana Digwijayotunggadewa, yang menggunakan Changka atau kerang bersayap sebagai lambang kerajaan.
Raja Kediri terakhir, Sri Kertajaya, menggunakan lambang Garudhamuka sebagaimana Airlangga, leluhurnya. Akan tetapi, Sri  Kertajaya menganggap dirinya sebagai penjelmaan dewa dan meminta kepada para Brahmana, pendeta Siwa dan Buddha untuk menyembahnya.
Para pemuka agama tak bisa menerima perlakuan itu dan merestui Ken Arok, maling kecil dari Karautan untuk melakukan makar setelah dengan gemilang berandalan ini merampok kekuasaan Tumapel melalui kelicikan otaknya.
Nasib Kertajaya berakhir ketika Ken Arok mengalahkannya dalam pertempuran yang amat berdarah di Ganter. Sejak itu garis keturunan Ken Arok mulai berkibar sekaligus banyak diwarnai peristiwa berdarah.Keris Empu Gandring berbicara atas nama dendam. Berturut-turut mati tertikam oleh keris dengan pamor berbau amarah itu: Empu Gandring sang pencipta keris itu sendiri, disusul Tunggul Ametung,
Akuwu Tumapel yang beristrikan Sang Ardhanareswari yang cantik jelita, Ken Dedes. Selanjutnya, mati menyedihkan Kebo Ijo yang menjadi korban fitnah dan kelicikan Ken Arok ketika mengangkat diri sendiri menjadi Akuwu di Tumapel dan nantinya menjadi raja pertama di
Singasari bergelar Sri Rajasa Batara Sang Amurwabhumi. Ken Arok menjadi korban keganasan keris yang sama, ia harus menggeliat sekarat dibunuh Batil Pengalasan utusan Anusapati. Batil Pengalasan membayar dengan nyawanya karena Anusapati tidak ingin rahasianya terbongkar, disusul kemudian oleh kematian Anusapati dalam permainan adu jago melalui tikaman yang tidak terduga yang dilakukan oleh Tohjaya, anak Umang. Terakhir, Tohjaya harus membayarnya melalui kematian yang hina, Raja Singasari ini dibunuh oleh pengangkat tandunya sendiri setelah
Singasari diterjang banjir bandang akibat gempuran gabungan kekuatan Ranggawuni, anak Anusapati dan Mahisa Cempaka, anak Mahisa Wong A Teleng.
Pemerintahan yang terjadi banyak diwarnai dengan perebutan kekuasaan dan persaingan. Antara garis keturunan Ken Dedes dan Ken Umang saling mengintip celah untuk saling menjatuhkan, serta kemungkinan Kediri bakal bangkit kembali dan menusuk dari arah belakang.
Kertanegara lengah. Ketika segenap prajurit dia kirim ke Pamalayu, bagaikan banjir bandang prajurit Kediri menyerang Singasari. Pasukan yang ada tak sanggup membendung serbuan pasukan Jayakatwang.
Raden Wijaya, anak Lembu Tal, cucu Mahisa Cempaka yang menjadi menantu Kertanegara mencoba menyusun kembali puing-puing pilar pemerintahan yang runtuh. Di bumi Tarik, Raden Wijaya memulai babat hutan, dan dinamailah tempat itu Majapahit hanya oleh sebuah alasan didapat buah maja yang terasa pahit. Majapahit juga berarti Wilwatikta.
Atas dukungan para pendeta, Brahmana Buddha dan Syiwa, Raden Wijaya naik takhta bergelar Kertarajasa Jayawardhana. Majapahit tumbuh dan berkembang, tetapi tetap saja diwarnaidengan banyak makar yang berawal dari ketidakpuasan. Ranggalawe yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa bukan ia yang diangkat menjadi Mahapatih memilih mengangkat senjata. Kidung Ranggalawe bertutur bagaimana Kebo Anabrang berhasil membunuh Ranggalawe.
Dalam kidung Sorandaka diceritakan pula bagaimana Kebo Anabrang mampu meredam pemberontakan Sora. Nambi dan ayahnya mengangkat senjata dengan membuat beteng di Pajarakan, tetapi Pajarakan dan Lumajang dapat digilas. Nambi dan segenap keluarganya ditumpas. Di Lasem, Ra Semi juga mengangkat senjata memerdekakan diri, mencoba meniru yang dilakukan Ken Arok terhadap Kertajaya di Kediri. Hingga akhirnya tibalah kini, para Rakrian Dharma Putra Winehsuka melakukan makar.
Malam yang senyap menyergap istana Majapahit. Beberapa buah obor telah dinyalakan dan mencoba menerangi sudut-sudut istana. Beberapa prajurit terlihat berjalan mondar-mandir di regol dan halaman, beberapa yang lain duduk termangu menatap kabut yang turun. Di langit, bulan purnama timbul tenggelam seperti berada di wilayah antara ada dan tiada. Tebalnya kabut akhirnya memberangus gemilang cahayanya menjadi adukan warna putih yang penuh oleh gumpalan teka-teki tak berjawab, dari mana asal kabut itu juga sebagai pertanda bakal ada kejadian apa.
Udara yang dingin memberangus siapa pun untuk menggigil. Seorang perempuan tua merasa cemas minyak kelentik yang dibuatnya seharian akan beku di musim bediding yang menyengat itu. Sebenarnya soal minyak kelentik terbuat dari santan kelapa yang membeku tidaklah masalah karena bila hawa panas menjamahnya, keadaan beku itu akan mencair lagi. Sesungguhnya, ibu kota Majapahit jarang-jarang disergap kabut, tetapi kali ini benar-benar bagai sebuah keajaiban. Beberapa prajurit bahkan menjadikan kabut itu sebagai tontonan. Makin lama kabut yang turun makin tebal merampok jarak pandang. Empat buah obor besar di pendapa yang menyala karena minyak lemak terlihat amat kabur, bahkan makin tidak terlihat kecuali cahaya temaram yang bergelombang. Angin yang berembus dengan halimun uleng-ulengan akhirnya membunuh obor tanpa meninggalkan rasa kasihan. Satu per satu cahaya penerang istana itu padam. Cahaya di langit yang disebarkan bulan sama sekali tidak membantu. Udara yang turun terasa dingin menggigit tulang. Rupanya angin telah berembus salah kaprah. Kabut yang semula mengemuli puncak Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan Gunung Anjasmoro bergerak ke arah utara dan menyebar ke segenap sudut kotaraja Majapahit, menyebar dan menyergap wilayah di sekitarnya. Angin menderu-deru 6 Gajahmada tanpa hujan itu menumbuhkan tanda tanya karena gejala alam yang demikian terasa aneh. Jarang sekali angin berembus keras tanpa membawa butiran hujan, apalagi kabut yang teraduk bagai memindahkan siapa pun yang menyaksikan dari dunia nyata menuju dunia hantu atau dunia antah berantah. Berada di dalamnya, kaki bagai tidak menginjak tanah.
Istana Majapahit yang megah, yang dibangun dengan dinding tebal berbatu berawal dari sebuah desa bernama Tarik, berada pada garis lurus ke selatan dari Pelabuhan Sungai juga Benteng Canggu yang terletak di arah selatan pedukuhan Majakerta. Salah satu pintu gerbangnya yang menjulang gagah disebut Candi Wringin Lawang. Siapa pun yang mengerjakan penyelesaian puncak pintu gerbang itu atau apabila orang memanjat tingginya pohon kelapa, dari tempat itu akan tampak beberapa pohon cemara yang menandai taman makam Antahpura berada, di sana, di tempat yang orang juga menyebutnya Trowulan terletak sebuah segaran tempat para ratu dan putri istana membasahi diri dalam acara lelumban.
Istana Majapahit menghadap ke arah barat dengan alun-alun berdinding rangkap menjadikan adanya alun-alun dalam dan luar. Luas alun-alun dengan dinding menjulang setinggi rumah dirasa masih belum cukup dan dipandang perlu membangun alun-alun luar serta melingkarinya dengan pagar dinding batu yang menjulang lebih tinggi.
Pintu gerbangnya yang amat megah ditandai nama Purawaktra. Sepanjang jalan yang membelah alun-alun bagian dalam ditanami pohon tanjung berselang-seling dengan pohon bramastana menjadikan istana yang lazim disebut Bale Manguntur atau Tatag Rambat itu terasa sejuk dan sangat asri.
Di Bale Manguntur inilah dilaksanakan pasewakan dan pisowanan ageng sekaligus menjadi bagian muka istana raja. Pasewakan dan pisowanan biasanya diikuti oleh segenap kesatria, para pendeta, pujangga serta dua orang dharmadyaksa dengan tujuh pembantu yang selalu menyertainya. Bagian utara istana diperuntukkan para pujangga dan menteri, bagian timur tempat duduk para pendeta Siwa, semuanya menghadap ke sebuah arah berupa rumah kecil tempat duduk raja yang biasa disebut Balai Witana.
Dari Balai Witana, bila pandangan ditebarkan melintas ke depan terlihat barisan pohon asoka yang sedang mekar bunganya berwarna merah dan putih sangat indah. Pohon asoka berselang-seling dengan pohon tanjung dan pohon bramastana juga melingkupi bangunan memanjang bernama Panca Ri Wilwatikta. Bila tatapan diarahkan menembus dinding terdapat gedung yang baru saja selesai dibangun ditandai nama Wisma Dharmadyaksa Kasaiwan Hyang Brahmaraja.
Candi Bajang Ratu meski bernama candi, itu sebutan untuk pintu gerbang kota sisi selatan sebagaimana Candi Wringin Lawang adalah sebutan untuk pintu gerbang di arah utara yang pintunya terbuat dari terali baja. Candi Bajang Ratu merupakan bekas pintu utama istana yang juga disebut Wijil Kapindho, berseberangan letak dengan pintu gerbang berikutnya yang disebut Candi Tikus karena banyak sekali ditemukan tikus di tempat itu dan dinamailah gerbang itu Candi Tikus.
Lebih ke utara lagi, terdapat sebuah lapangan luas yang sering dimanfaatkan untuk berlatih perang, letaknya tak jauh dari Jati Pasar. Lapangan itu dinamai Bubat yang setiap tahun di bulan Caitra selalu diadakan perayaan besar. Bagai pasar tiban, banyak orang mengunjungi pasar itu untuk berbelanja atau menghibur diri. Luas lapangan membentang ke timur setengah krosa dan ke utara setengah krosa. Cukup memeras keringat untuk berlari mengelilingi dalam geladi perang. Di tanah lapang yang luas ini sering juga digunakan berlatih watangan sebagaimana alun-alun bagian dalam di depan Bale Manguntur juga dimanfaatkan berlatih oleh para prajurit untuk ngembat watang, bahkan berlatih ilmu perang ngrabasa mungsuh.
Kabut yang turun tebal itu juga menjarah lapangan Bubat. Kabut juga dengan kejam membungkus wilayah di luar batas dinding kotaraja.
Para prajurit bersiaga penuh. Ke sudut-sudut istana, Gajahmada—yang berpangkat bekel, tetapi memegang kendali penuh atas pasukan kawal istana yang memiliki nama menggetarkan, Bhayangkara—menyebar segenap prajuritnya untuk berada dalam kesiagaan tertinggi. Prajurit 8 Gajahmada yang menjadi bagian dari pasukan khusus dengan derajat kemampuan melebihi prajurit dari kesatuan yang lain benar-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Tags